Jumat, 11 November 2011

RPP BERKARAKTER BAHASA INDO. KELAS X /1 SMA/MA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
Mata Pelajaran        :  Bahasa  Indonesia
Sekolah                      :  SMA Negeri 11 Banjarmasin
Kelas,  Semester      :  X, Genap
Pokok Bahasan        :  Menyimpulkan isi informasi
Alokasi waktu           :  2 x 45  menit
No.RPP/KD              :  01 ( 9.1) - Mendengarkan
 ____________________________________________________
Standar Kompetensi  :  Memahami Informasi melalui tuturan

Kompetensi Dasar      : 
Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung.

Indikator
a.   Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung
b.  Menyimpulkan isi informasi dengan tuturan yang runtut dan mudah dipahami.
c.  Menyampaikan secara lisan isi informasi yang telah ditulis secara runtut dan jelas.

I. Tujuan Pembelajaran
          Setelah proses pembelajaran selesai siswa dapat mencatat pokok-pokok informasi yang didengar, menyimpulkan isi informasi, dan menyampaikan secara  lisan isi informasi   yang telah ditulis kemudian mendiskusikannya dalam forum diskusi kelas.

II. Materi Ajar
Informasi dari tuturan langsung tentang topik tertentu,
¨   Pokok-pokok isi informasi.

III. Metode, Strategi, dan Model Pembelajaran

·      Pendekatan         :  Iquiri, discovery
·    Metode               :  Diskusi, penugasan
·    Strategi               :  Tanya jawab, unjuk kerja
·    Model                 :  Jigsaw
·    Media                 :  Teks Berita Radio/TV yang disampaikan.

IV. Langkah-langkah  Pembelajaran
No
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
1


Awal /Pembebuka
1.  Guru memberi salam (religius, dan menghargai prestasi)
2.  Guru melakukan apersepsi. (PBKB: Rasa Ingin Tahu, Bersahabat)
3.  Guru menjelaskan secara singkat kompetensi yang harus dicapai dan materi yang akan dibahas; (PBKB: Jujur, Rasa Ingin Tahu, Tanggung Jawab)
4.  Guru membagi siswa menjadi sepuluh  kelompok  dengan cara menghitung satu sampai sepuluh apabila jumlah siswa di kelas sebanyak tiga puluh; (PBKB: Disiplin, Toleransi, Demokratis)





2




Inti
a. Eksplorasi:
·      Siswa  mendengarkan informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung oleh salah seorang nara sumber yang didatangkan ke sekolah dan berbicara di depan kelas tentang topik tertentu; (PBKB: Komunikatif, menghargai prestasi, toleransi).
·      Mencatat pokok pokok informasi yang disampaikan,kemudian menyimpulkannya; (PBKB: Mandiri, tanggung jawab, menghargai prestasi, kreatif)     
   
 b. Elaborasi:
·      Menyampaikan secara lisan isi informasi   yang telah ditulis, kemudian mendiskusikannya dalam   forum diskusi kelas. (PBKB: Mandiri, tanggung jawab, menghargai prestasi, kreatif)     
   
  c. Konfirmasi:
·     Guru menambahkan konsep atau ide yang belum terungkap, sebagai penyempurnaan tentang bagaimana teknik menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung; (PBKB: jujur, rasa ingin tahu, demokratis, menghargai prestasi, bersahabat)  


3
Penutup
1.  Dari data-data diungkapkan tersebut, guru mengajak peserta didik membuat kesimpulan atau rangkuman yang mengacu pada topik yang telah  dicapai.  (PBKB: Jujur, Demokratis, Menghargai Prestasi, Bersahabat, Toleransi, Tanggung Jawab)
2.  Guru memberikan evaluasi terhadap pembelajaran hari ini; (PBKB: Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri)
3.  Guru mengakhiri pelajaran dengan mengucapkan salam kepada siswa; (PBKB: Religius, Bersahabat, Menghargai Prestasi)
4.  Tugas mandiri: Siswa di rumah ditugaskan untuk mendengarkan informasi di radio/televisi berupa peristiwa yang terjadi  atau ceramah khotbah kemudian mencatat pokok-pokok informasi  yang disampaikan sebanyak tiga paragraf tugas dikumpulkan pada pertemuan minggu depan; (PBKB: Bertanggung jawab, komunikatif, peduli lingkungan, kreatif).



VI. Alat dan Sumber Belajar
          1. Alat                    : Teks berita, rekaman berita
          2. Sumber Belajar   :
·      Buku pelajaran Bahasa dan Sastra  Indonesia Kelas X
·      LKS Bahasa Indonesia Kelas X
·      KUBI


VII  Penilaian Kelas
         A. Jenis penilaian : tes tertulis dan lisan, praktik, afektif
         B. Bentuk soal      : uraian singkat
          1. Penilaian Kognitif


  1. Apa yang dimaksud dengan informasi ?
  2. Apa fungsi informasi di jaman sekarang
  3. Mengapa informasi selalu diperlukan orang.
  4. Apa kerugian seseorang apa bila ketinggalan infornasi
  5. Catatlah pokok-pokok informasi yang disampaikan oleh nara sumber tersebut.
  6. Buatlah simpulan isi informasi dengan urutan yang  runtut dan mudah dipahami;
  7. Sampaikanlah secara lisan isi informasi yang telah Anda tulis tersebut kemudian diskusikanlah isi informasi tersebut dalam forum didkusi kelas.

2. Penilaian Psikomotor 
Catatlah pokok-pokok informasi yang disampaikan oleh nara sumber    tersebut.  Buatlah simpulan isi informasi dengan urutan yang  runtut dan     mudah dipahami;  Sampaikanlah secara lisan isi informasi yang telah    Anda tulis tersebut kemudian diskusikanlah isi informasi tersebut dalam    forum didkusi kelas.

3. Penilaian Afektif
    1. Siapa yang tidak mengerjakan tugas?
    2. Penilaian Diri : siapa yang paling bagus hasil rangkuman.
    3. Kunci jawaban : Informasi  adalah suatu suatu kejadian atau hal yang perlu kita ketahui dan dapat menambah wawasan yang mendengarnya.
    
Mengetahui,                                  Banjarmasin, 30 Juli 2011
Kepala SMA Negeri 11 Banjarmasin             Guru Bidang Studi


                                                           

        Dra Hartini,M.M                                           Drs. Syafruddin Noor, M.Pd   
       NIP. 19601111 198703 2 005                      NIP.19661105 199501 1 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   
Mata Pelajaran        :  Bahasa  Indonesia
Sekolah                      :  SMA Negeri  11  Banjarmasin
Kelas,  Semester      :  X / II
Pokok Bahasan        :  Menyimpulkan isi informasi
Alokasi waktu           :  2 x 45  menit
No.RPP/KD               :  02 ( 9.2) - Mendengarkan

Standar Kompetensi : Memahami Informasi melalui tuturan

Kompetensi Dasar    :
Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung berupa rekaman atau teks yang   dibacakan.

I. Indikator
a.   Mencatat pokok-pokok isi informasi yang disampaikan melalui rekaman atau teks yang dibacakan.
b.  Menyampaikan secara lisan isi informasi secara runtut dan jelas.
c.   Menyimpulkan isi informasi yang didengar

II. Tujuan Pembelajaran
          Setelah proses pembelajaran selesai siswa diharapkan mampu mencatat pokok-pokok isi informasi yang disampaikan melalui rekaman atau teks yang dibacakan dan menyimpulkan isi informasi secara jelas, kemudian menyampaikannya secara lisan.

III. Materi Pembelajaran
Rekaman informasi atau teks yang dibacakan, teknik mencatat pokok-pokok informasi yang didengar,  pengertian  pokok-pokok isi informasi,  dan simpulan informasi.

III. Metode, Strategi, dan Model Pembelajaran

·      Pendekatan         :  Iquiri, discovery
·    Metode               :  Ceramah, Interaktif, Penugasan
·    Strategi               :  Diskusi, Tanya jawab, unjuk kerja
·    Model                 :  Jigsaw
·    Media                 :  Rekaman Berita Radio/TV yang diperdengarkan.












V. Langkah-langkah  Pembelajaran
No
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
1


Awal /Pembebuka
1. Guru memberi salam (religius, dan menghargai prestasi)
2. Guru melakukan apersepsi. (PBKB: Rasa Ingin Tahu, Bersahabat)
3. Guru menjelaskan secara singkat kompetensi yang harus dicapai dan materi yang akan dibahas; (PBKB: Jujur, Rasa Ingin Tahu, Tanggung Jawab)
4. Guru membagi siswa menjadi sepuluh  kelompok  dengan cara menghitung satu sampai sepuluh apabila jumlah siswa di kelas sebanyak tiga puluh; (PBKB: Disiplin, Toleransi, Demokratis)



2

Inti
 Eksplorasi :
·      Siswa mendengarkan informasi yang disampaikan melalui rekaman atau teks yang dibacakan (PBKB: Rasa ingin tahu, mandiri, komunikatif,)

 Elaborasi  :
·      Siswa mencatat pokok-pokok isi informasi yang didengar; (PBKB: Mandiri, Kreatif, komunikatif)

·     Menyimpulkan isi informasi yang didengar kemudian menyampaikannya secara lisan dengan runtut dan jelas; (PBKB: Kretif, mandiri, komunikatif, menghargai prestasi).

 Konfirmasi:
·     Guru menambahkan konsep atau ide yang belum terungkap, sebagai penyempurnaan tentang bagaimana teknik menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan tidak langsung atau rekaman; ( PBKB: jujur, rasa ingin tahu, demokratis, menghargai prestasi, bersahabat )  


3
Penutup
1.   Dari data-data diungkapkan tersebut, guru mengajak peserta didik membuat kesimpulan atau rangkuman yang mengacu pada topik yang telah  dicapai.  (PBKB: Jujur, Demokratis, Menghargai Prestasi, Bersahabat, Toleransi, Tanggung Jawab)
2.   Guru memberikan evaluasi terhadap pembelajaran hari ini; (PBKB: Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri)
3.   Guru mengakhiri pelajaran dengan mengucapkan salam kepada siswa; (PBKB: Religius, Bersahabat, Menghargai Prestasi)

4.   Kegiatan mandiri : Setiap siswa diwajibkan membuat  ringkasan   isi informasi yang didengar di radio/di   televisi, dan muliskan tanggapannya secara singkat.  Tugas dikumpulkan   pada pertemuan minggu depan. ; (PBKB: Bertanggung jawab, mandiri, komunikatif, peduli lingkungan, kreatif).



 
VI. Alat dan sumber belajar
   1. alat       : teks/bacaan berisi informasi
   2. sumber belajar : LKS dan buku pelajaran Bahasa dan Sastra
            Indonesia 1
 
VII. Penilaian Kelas
        A. Jenis penilaian   : tes lisan/tertulis
        B. bentuk soal         : uraian singkat

        1. Penilaian Kognitif
    1. Apakah yang dimaksud dengan  informasi?
    2. Sebutkan perbedaan informasi tertulis dengan informasi yang didengar secara labgsung
    3. Apa fungsi radio/televisi dalam menyampaikan informasi?

        
    2. . Penilaian Psikomotor
  1. Terampil memenyimak isi informasi dan menyampaikannya dengan  lengkap    secara lisan
  2. Terampil menjelaskan di depan kelas  pokok-pokok isi informasi yang di dengar
          
  3. Penilaian Afektif
  1. Siapa yang tidak mengerjakan tugas?
  2. Penilaian Diri : siapa yang paling bagus dalam menyampaikan kembali isi      informasi di depan kelas.
         Kunci jawaban : (terlampir)

Lampiran Teks informasi dan soal untuk pendalaman materi

Polda Papua Siapkan 350 Anggota Amankan Freeport


Jayapura (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Papua saat ini menyiapkan 350 anggotanya untuk bergabung dalam satuan tugas (satgas) Amole III yang mengamankan operasional PT Freeport.

Waka Polda Papua, Brigjen Pol FR Andi Lolo kepada wartawan seusai penutupan latihan satgas Amole III di lapangan SPN Base G Jayapura, Senin, mengatakan, sebelum diturunkan untuk menggantikan satgas sebelumnya, mereka dilatih khususnya untuk penanganan masalah HAM.

"Dalam pelatihan kali ini kami lebih menekankan pada masalah HAM sehingga dalam melaksanakan tugas tidak terjadi pelanggaran HAM," harap Brigjen Pol Andi Lolo.
Dia mengatakan, anggota yang akan dikirim sebagian besar adalah anggota brimob yang berasal dari beberapa kompi dan didukung satuan lain, serta sekitar 200 anggota TNI-AD.

Satgas Amole III sendiri dijadwalkan mulai bertugas 1 Agustus 2007. mendatang selama enam bulan di wilayah operasional PT.Freeport.

PT.Freeport sendiri merupakan satu-satunya perusahaan penambangan yang beroperasi di Papua yang masuk dalam objek vital nasional.(*)
Copyright © ANTARA
Posted on 30/07/07 18:35
URL: http://www.antara.co.id/arc/2007

 Soal    
  1. Catatlah pokok-pokok informasi yang disampaikan oleh nara sumber tersebut.
  2. Buatlah simpulan isi informasi dengan urutan yang  runtut dan mudah dipahami;
  3. Sampaikanlah secara lisan isi informasi yang telah Anda tulis tersebut kemudian diskusikanlah isi informasi tersebut dalam  didkusi kelas.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
Mata Pelajaran                   :  Bahasa  Indonesia
Sekolah                                 :  SMA Negeri 11 Banjarmasin
Kelas,  Semester      :  X, Genap
Pokok Bahasan                    :  Memberikan kritik terhadap informasi
Alokasi waktu                       :  4 x 45  menit ( 2 x Pertemuan )
No.RPP/KD               :  03 (10.1) - Berbicara
               ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Standar Kompetensi :
Mengungkapkan komentar terhadap informasi  dari berbagai sumber

Kompetensi Dasar   : 
Memberikan kritik terhadap informasi dari media  cetak dan   atau lektronik

Indikator
a.   Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya.
b.  Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
c.   Memberikan kritik dengan disertai alasan yang logis dan benar

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran selesai siswa dapat :
  • Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya.
  • Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
  • Memberikan kritik dengan disertai alasan

II. Materi Pembelajaran
          Artikel dalam media cetak atau internet yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat    misalnya, kenaikan harga BBM, atau berita terorisme), pengertian artikel, ciri ciri artikel, manfaat artikel, pokok-pokok persoalan dalam tulisan artikel (apa isunya; siapa yang memunculkan, dan kapan dimunculkan apa yang menjadi latar belakang)   dan  contoh kata-kata kritik   (saya kurang sependapat….. karena……..) untuk menyampaikan dukungan terhadap suatu pendapat atau gagasan.

III. Metode, Strategi, dan Model Pembelajaran

·      Pendekatan                   :  Iquiri, discovery
·    Metode               :  Ceramah, Interaktif, Penugasan
·    Strategi               :  Diskusi, Tanya jawab, unjuk kerja
·    Model                 :  Jigsaw
·    Media                 :  Artikel di koran/majalah







V. Langkah-langkah  Pembelajaran
No
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
1


Awal /Pembebuka
1.    Guru memberi salam (religius, dan menghargai prestasi)
2.    Guru melakukan apersepsi. (PBKB: Rasa Ingin Tahu, Bersahabat)
3.    Guru menjelaskan secara singkat kompetensi yang harus dicapai dan materi yang akan dibahas; (PBKB: Jujur, Rasa Ingin Tahu, Tanggung Jawab)
4.    Guru membagi siswa menjadi sepuluh  kelompok  dengan cara menghitung satu sampai sepuluh apabila jumlah siswa di kelas sebanyak tiga puluh; (PBKB: Disiplin, Toleransi, Demokratis)



2

Inti
Eksplorasi :
·       Siswa membaca  dan memahami isi artikel; (PBKB: Gemar membaca, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri)
·       Siswa mendata informasi dari sebuah artikel yang dibaca dengan mencantumkan sumbernya; (PBKB: Gemar membaca, rasa ingin tahu, kreatif, bertanggung jawab)

Elaborasi  :
·       Siswa merumuskan pokok-pokok persoalan yang menjadi  bahan perdebatan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakang, dsb.) (PBKB: Gemar membaca, rasa ingin tahu, komunikatif, menghargai prestasi)
·       Menyampaikan hasil rumusan hasil diskusi; (PBKB: Menghargai prestasi, rasa ingin tahu, kreatif, bertanggung jawab)
·       Memberikan  kritik  dengan disertai alasan apa yang disampaikan teman tersebut; (PBKB: Menghargai prestasi, rasa ingin tahu, kreatif, bertanggung jawab)

Konfirmasi:
·      Guru menambahkan konsep atau ide yang belum terungkap, sebagai penyempurnaan tentang bagaimana teknik memberikan kritik yang disertai dengan alasan  yang  benar; ( PBKB: jujur, rasa ingin tahu, demokratis, menghargai prestasi, bersahabat )  

3
Penutup
1.   Dari data-data diungkapkan tersebut, guru mengajak peserta didik membuat kesimpulan atau rangkuman yang mengacu pada topik yang telah  dicapai.  (PBKB: Jujur, Demokratis, Menghargai Prestasi, Bersahabat, Toleransi, Tanggung Jawab)
2.   Guru memberikan evaluasi terhadap pembelajaran hari ini; (PBKB: Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri)
3.   Guru mengakhiri pelajaran dengan mengucapkan salam kepada siswa; (PBKB: Religius, Bersahabat, Menghargai Prestasi)

4.   Kegiatan mandiri: Setiap siswa diwajibkan  membuat kliping  artikel surat kabar sebanyak tiga buah dengan tema yang  berbeda. Kemudian memberikan kritik/tanggapan secara  tertulis, tugas dikumpulkan pada pertemuan minggu depan.(PBKB: Mandiri, Gemar membaca, menghargai prestasi, kreatif, komunikatif)



  VI. Alat dan sumber belajar
        1. alat              : teks/bacaan berisi informasi (berita)
        2. sumber belajar : LKS dan buku pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 1
 
VII. Penilaian Kelas
        A. Jenis penilaian   : tes lisan/tertulis
        B. bentuk soal         : uraian singkat

        1. Penilaian Kognitif
    1. Apakah yang dimaksud dengan  informasi?
    2. Jelaskan bagaimana cara memberikan kritik yang terhadap informasi yang
didengar atau yang dibaca.                  
         
       2. Penilaian Psikomotor
  • Terampil dalam menyampaikan kritik terhadap  isi informasi dan  menyampaikannya secara lisan
  • Terampil menjelaskan di depan kelas kelebihan dan kekurangan isiartikel         

        3. Penilaian Afektif
    • Siapa yang tidak mengerjakan tugas?
    • Penilaian Diri : siapa yang paling bagus dalam memberikan kritik/tanggap isi artikel secara tepat?
    • Kunci jawaban : (terlampir)

Lampiran teks artikel untuk pendalaman materi.

Saatnya Indonesia menggarap energi tidal

Energi tidal atau energi pasang surut barangkali kurang begitu dikenal dibandingkan dengan energi Energi tidal (sumber: NASA)samudera yang lain seperti energi ombak (wave energy). Jika dibandingkan dengan energi angin dan surya, energi tidal memiliki sejumlah keunggulan antara lain: memiliki aliran energi yang lebih pasti/mudah diprediksi, lebih hemat ruang dan tidak membutuhkan teknologi konversi yang rumit. Kelemahan energi ini diantaranya adalah membutuhkan alat konversi yang handal yang mampu bertahan dengan kondisi lingkungan laut yang keras yang disebabkan antara lain oleh tingginya tingkat korosi dan kuatnya arus laut.

Saat ini baru beberapa negara yang yang sudah melakukan penelitian secara serius dalam bidang energi tidal, diantaranya Inggris dan Norwegia. Di Norwegia, pengembangan energi ini dimotori oleh Statkraft, perusahaan pembangkit listrik terbesar di negara tersebut. Statkraft bahkan memperkirakan energi tidal akan menjadi sumber energi terbarukan yang siap masuk tahap komersial berikutnya di Norwegia setelah energi hidro dan angin. Keterlibatan perusahaan listrik besar seperti Statkraft mengindikasikan bahwa energi tidal memang layak diperhitungkan baik secara teknologi maupun ekonomis sebagai salah satu solusi pemenuhan kebutuhan energi dalam waktu dekat.


Pembangkit listrik tenaga tidal terapung. Turbin-turbin air dan mesin-mesin listrik terletak di bawah air, hanya bagian atas dari pembangkit listrik tersebut yang tampak diatas permukaan laut (Sumber: Statkraft)

Perlu diketahui bahwa potensi energi tidal di Indonesia termasuk yang terbesar di dunia, khususnya di perairan timur Indonesia. Sekarang inilah saatnya bagi Indonesia untuk mulai menggarap energi ini. Jika bangsa kita mampu memanfaatkan dan menguasai teknologi pemanfaatan energi tidal, ada dua keuntungan yang bisa diperoleh yaitu, pertama, keuntungan
pemanfaatan energi tidal sebagai solusi pemenuhan kebutuhan energi nasional dan, kedua, kita akan menjadi negara yang mampu menjual teknologi tidal yang memberikan kontribusi terhadap devisa negara. Belajar dari India yang mampu menjadi salah satu pemain teknologi turbin angin dunia (dengan produk turbin angin Suzlon), maka tujuan yang kedua bukanlah hal yang terlalu muluk untuk kita wujudkan. (tek  bacaan berikut  diambil dari internet tanggal 20 Juni 2007)
1.    Datalah informasi dari sebuah artikel yang dibaca dengan mencantumkan sumbernya secara lengkap (Judul artikel, Nama Pengarang, tanggal, bulan, dan tahun terbit dan nama penerbit Koran/majalah).
2.    Rumuskanlah pokok-pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat, seperti :
 a. Apa isunya,     
 b. Siapa yang memunculkan,
 c.Kapan    dimunculkannya;
    d. Apa yang menjadi latar belakangnya (sebab-sebabnya)
3.    Kemukakanlah tanggapan atau kritik kamu terhadap persoalan pokok tersebut dengan disertai  alasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar